Kamis, 15 Oktober 2015

Perjalanan ke Bintan

What's up guyssss!!! Kali ini admin pengen share tentang perjalanan menuju Bintan.
jadi buat yg pengen jalan-jalan ke bintan harus tau dulu gimana perjalanan kalo mau sampai kesana

Pertama-tama kamu harus tau letak pulau Bintan di Indonesia.

Dibanding Bintan, orang-orang biasanya lebih kenal dengan Batam.
perlu kamu ingat bahwa Bintan dan Batam adalah dua pulau yang SANGAT berdekatan,
Bintan dan Batam juga SANGAT berdekatan dengan negara tetangga yaitu  Singapura.
jadi kalo kamu ke Bintan, kamu bisa sekalian explore kota Batam, dan kalo ada uang lebih kamu bisa liburan ke Singapura. di jamin seru.
Bintan dan Batam terletak tepat di bawah negara Singapura, dan di samping pulau Sumatra.
Perhatikan peta ini

source: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/06/Sumatra_Topography.png/591px-Sumatra_Topography.png

jalan-jalan ke Bintan tergolong nggak sulit, karena dari segi infrastruktur bintan cukup bagus, dari bandara, jalan dan transportasi.

nah, setelah liat peta di atas kamu udah tau kan letak pulau Bintan. sekarang kamu tinggal berangkat dari daerah tempat tinggal kamu masing-masing.

perjalanan ke Bintan bisa di tempuh lewat jalur laut dan udara.

untuk lewat jalur udara, kamu bisa langsung ke Bintan atau bisa lewat Batam, karena memang kedua pulau ini berdekatan, jadi kamu bisa lewat Batam, setelah itu harus nyebrang naik kapal ferry ke Bintan dengan hanya hitungan menit.

kalo lewat jalur udara kamu tinggal naik pesawat dari bandara daerah tempat tinggal kamu menuju ke bandara di Bintan yaitu, Bandara Raja Haji Fisabilillah (satu-satunya bandara di pulau Bintan).

kalo kamu lewat Batam, kamu akan tiba di bandara internasional Hang Nadim Batam.
setelah sampai di bandara Hang Nadim Batam kamu harus naik Taksi dulu menuju pelabuhan Telaga Punggur Batam (kisaran harga taksi 80rb), setelah sampai di pelabuhan Telaga Punggur baru kamu akan menyebrang ke pulau Bintan dengan menggunakan kapal ferry (kisaran harga tiket ferry ke bintan itu 70rban untuk orang dewasa).

dari pelabuhan Telaga Punggur Batam kamu punya dua pilihan tujuan pelabuhan. yang pertama pelabuhan Sri Bintan Pura (terletak di kota Tanjungpinang) atau kedua, pelabuhan Bulak Linggi (terletak di Tanjung Uban). bedanya waktu tempuh ke pelabuhan Sri Bintan Pura itu 60menit, dan kamu bisa jalan-jalan dan wisata kuliner dulu di kota Tanjungpinang. kalo ke pelabuhan Tanjunguban sekitar 15 menit.

setelah memutuskan tujuan pelabuhan, maka dalam hitungan menit kamu akan sampai di Bintan.

kalo untuk harga tiket pesawat ke Bintan admin menyarankan kamu check sendiri di internet atau travel-travel agent yang menjual tiket pesawat, karena beda daerah beda harga. misalnya kalo dari pengalaman admin sendiri kalo dari Jogja (kebetulan admin orang bintan yang kuliah disana) kisaran harga tiket pesawat itu antara 8rtsan-1jtan, kalo dari Jakarta kisaran 6rtsan-1jtan, tergantung kamu sendiri pandai-pandai nyari tiket murah. kalo dapat tiket promo ke Bintan kemungkinan bisa lebih murah.

" biasanya orang-orang yang berkunjung atau liburan ke Bintan lebih suka lewat Batam, karena bisa menyempatkan diri dulu untuk berkunjung atau jalan-jalan mengelilingi kota Batam. atau sebaliknya orang-orang yang berkunjung ke Batam biasanya tidak lupa untuk singgah jalan-jalan ke Bintan karena memang Bintan punya banyak pantai-pantai indah yang wajib di kunjungi.
dari Bintan atau Batam kamu juga bisa mengunjungi negara tetangga Singapura yang begitu dekat".

source: http://www.indonesia-tourism.com/riau-archipelago/map/bintan-island-map.png

itu tadi perjalanan ke Bintan lewat jalur Udara

kalo lewat jalur laut, tergantung juga kamu berangkatnya dari mana, kalo misalnya dari jakarta (Pelabuhan Tanjungpriok) atau semarang kamu akan tiba di Pelabuhan Kijang atau Pelabuhan kapal Pelni di daerah kecamatn Tanjung Uban. itu dengan menggunakan kapal Pelni. kalo dari daerah Sumatra atau daerah-daerah yang dekat dengan Bintan biasanya bisa menggunakan kapal ferry dengan kisaran harga tiket kapal yg berbeda pula dan tergolong tidak mahal. contohnya turis-turis dari luar negeri biasanya datang lewat singapura menggunakan ferry. untuk tiba di Bintan dengan menggunakan ferry dari daerah terdekat, pengunjung biasanya turun atau tiba di pelabuhan Bandar Sri Bintan Pura yang terletak di Kota Tanjungpinang (utara pulau bintan) atau pelabuhan Bulak Linggi.

source: http://cimg.antaranews.com/kepri/2010/08/ori/hm-pelabuhan-s2.jpg

itu diaaa, setelah sampai di Bintan. tinggal cari penginapan dan explore Bintan. terserah kamu mau kemana. Bintan punya banyak tempat Wisata kok jadi jangan takut gak bakalan dapat pengalaman seru. oh ya kalo untuk hotel murah banyak di daerah kota Tanjungpinang, kalo di kabupaten Bintan nya sendiri itu kebanyakan Hotel-hotel resort.

kalo ke Bintan jgn lupa calling2 admin siapa tau kamu mau nraktir admin makan dan jalan-jalan bareng, hahaha.

sekian dulu dari admin. jika ada yg kurang jelas atau mau bertanya atau juga mau minta saran bisa langsung comment di bawah. semoga bermanfaat, terima kasih.

10 komentar:

  1. Boleh nginap di rumah admin gak?? Hahaha

    BalasHapus
  2. Boleh nginap di rumah admin gak?? Hahaha

    BalasHapus
  3. Ada rencana le bintan bulan april 2017 ini bisa kasih info untuk perentalan mobil dari tanjung pinang ke lagoi?

    BalasHapus
  4. Ada rencana le bintan bulan april 2017 ini bisa kasih info untuk perentalan mobil dari tanjung pinang ke lagoi?

    BalasHapus
  5. Salam backpacker..
    Saya rahmad, saya tinggal di bintan.
    Bagi teman2 yg ingin tau info tentang bintan saya siap membantu buat smua, apalagi yg pngen solo traveler ala minim budget, silahkan sharing2..
    Contact :
    Fb : rachmatzxcv@gmail.com
    Instagram : iamrachmat
    Phone : +6285375209456
    Thanks

    Enjoy Bintan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Rachmat, kalo dari airport Tanjung Pinang ke Bintan Lagoon Resort yang murah caranya gimana ya? Saya mau nyamperin temen saya.

      Trus kalo mau jalan2 kira-kira naik apa dan harganya berapa ya? Saya dikasih tau sama hotel harga taxi nya mahal banget, terima kasih ya

      Hapus
    2. ini mbak yg sdh contact dgn saya via wa kan ?

      Hapus
  6. Ada rencana mau ke bintan nih..sm suami..

    BalasHapus
  7. Infonya bang Rahmat klw dari padang-bintan jalur darat dan laut lewat mana bang?
    Makasih sebelumnya bang.!

    BalasHapus
  8. Ada rencana ke bintan pertengahan 2019 info terbaru tmpt di Bintan 😊

    BalasHapus